Metode Pendidikan Kesehatan Reproduksi Pada Usia Produktif dalam Mencegah HIV/AIDS

Studi Literatur

  • Desi Apriliana Zahroh Departemen Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Khoirunnisa Ghefira Yusrani Departemen Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
  • Patricia Agustina Julis Departemen Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
  • Putri Audina Departemen Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
  • Fathiyah Aulia Mumtaz Departemen Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
  • Chahya Kharin Hewbawani Departemen Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
Keywords: HIV/AIDS, kesehatan reproduksi, metode pendidikan reproduksi, pencegahan HIV/AIDS, usia produktif

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kasus HIV/AIDS di Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data SIHA dari tahun 2010-2019 yang dilaporkan, kelompok umuri 25-49 tahuni merupakani kelompok umur dengan jumlah penderita infeksi HIV terbanyak setiap tahunnya. Untuk menangani masalah HIV/AIDS ini dapat diatasi dengan promotif, kuratif, rehabilitatif dan juga preventif atau pencegahan. Salah satu pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan Pendidikan kesehatan reproduksi pada usia produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang paling efektif dalam pendidikan kesehatan reproduksi pada usia produktif dalam mencegah HIV/AIDS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review. Yaitu sebuah pencarian yang bersumber dari jurnal nasional dan beberapa database daring seperti Google Scholar, Garuda, PubMed, dan DOAJ (Directory of Open Access Journals). Hasil literature review dari 8 artikel menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan reproduksi yang diterapkan dalam mencegah HIV/AIDS sangat bervariasi dari segi metode, individu yangi terlibat, spesifitas, dan efektivitasnya. Metode pendidikan kesehatan reproduksi yang dimaksud berupa penyuluhan, ceramah, diskusi, kampanye dengan memakai berbagai media, seperti media massa, buku bacaan, role play, dan simulasi gim. Metode yang paling efektif digunakan dalam pendidikan kesehatan reproduksi pada usia produktif untuk mencegah HIV/AIDS adalah role play.

References

Agegnehu, C. D., & Tesema, G. A. (2020). Effect of mass media on comprehensive knowledge of HIV/AIDS and its spatial distribution among reproductive-age women in Ethiopia: a spatial and multilevel analysis. BMC Public Health, 20(1), 1420. https://doi.org/10.1186/s12889-020-09536-1
Akbarini, O. F., & Fitriani, H. (2020). Pengaruh Peer Education Terhadap Pengetahuan Siswa SMK Tentang HIV/AIDS di Kota Pontianak. Jakiyah: Jurnal Ilmiah Umum Dan Kesehatan, 5(2), 68–75. http://journal.polita.ac.id/index.php/jakiyah/article/view/11
Arifah, I., & Sharfina, M. F. (2019). Hambatan Akses Informasi Kesehatan Reproduksi Pada Mahasiswa Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Kesehatan, 11(2). https://doi.org/10.23917/jk.v11i2.7532
Azizah, H. A. N., Amelia, C. R., & Dewi, M. (2018). Perbedaan Pengaruh Metode Simulation Game (SIG) dengan Audio Visual terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Putri di SMK Negeri 1 Pujon. Journal Of Issues In Midwifery, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.21776/ub.joim.2018.002.02.1
Brault, M. A., Christie, S., Manchia, A., Mabuza, K., Dlamini, M., & Linnander, E. L. (2022). Girl Champ in eSwatini: A Strategic Marketing Campaign to Promote Demand for Sexual and Reproductive Health Services Among Young Women. AIDS and Behavior, 26(3), 853–863. https://doi.org/10.1007/s10461-021-03446-y
Cahyaningsih, O., Sulistyowati, I., & Alfiani, N. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Sikap Dan Praktek Operator Dalam Pencegahan Hivaids Di Resosialisasi Argorejo Semarang. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan, 10(1), 36–44. https://doi.org/10.33666/jitk.v10i1.205
Chodidjah, S., Agustini, N., & Ungsianik, T. (2014). Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Hiv/Aids Dengan Perilaku Seksual Pranikah Pada Remaja. Jurnal Keperawatan Indonesia, 8(2), 50–53. https://doi.org/10.7454/jki.v8i2.147
Defhany, & Zarfinal, A. (2022). Strategi Produser Dalam Memproduksi Program Televisi Studi Kasus : Proses Produksi Program Acara Ayo Hidup Sehat Di tvOne. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 01(01), 124–137.
Dinkes, J. T. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Penanggulangan HIV Dan AIDS. https://doi.org/10.1190/segam2013-0137.1
Fauza, R., & Mubarokah, K. (2018). Efektivitas Radio Spot Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Perawatan Kesehatan Organ Reproduksi Pada Siswa Smp 2 Subah Kabupaten Batang Jawa Tengah Tahun 2016. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT ViISIKES, 17(1), 165–183.
Fifadhilni, S. M. (2015). TEKNIK KOMBINASI: Metode Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab. 1–7.
Hutasuhut, A. R., & Noor, M. S. (2020). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Dalam Pencegahan Infeksi Hiv / Aids Di Sma Negeri 2 Banjarmasin. Homeostasis, 3, 243–247.
Ilma, L., & Nursal, D. (2019). Role Play Method versus Audio Visual Aids (AVA) to Increase the Student’s Knowledge About Premarital Sexual Behavior in SMK N 6 Padang. AIPHC. https://doi.org/10.4108/eai.9-10-2019.2297181
Jacklin CN, M. L. (2014). Effects of gender on behavior and development. Levine MD, Carey WB, Crocker AC (Eds), 3.
Janah, E. N., Zakiudin, A., & Lestari, A. M. (2019). Pencegahan Hiv/Aids Melalui Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Dan Pembentukan Kader Kesehatan Remaja. Hasil Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat IV, 54–60.
Juliansyah, E. (2020). Pengaruh Penyuluhan Hiv / Aids Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa Sma Negeri 1 Sepauk Kabupaten. Visikes, 19(1), 152–166. https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/visikes
Kemenkes RI. (2020). Infodatin HIV AIDS. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-2020-HIV.pdf
Kusnan, A., Eso, A., Asrianti, Alifariki, L. O., & Ruslan. (2020). Pengaruh Penyuluhan HIV/Aids Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Siswa Siswi Sekolah. Journal of Health Sciences, 13(01), 96–100. https://doi.org/10.33086/jhs.v13i01.650
Martina, E., Redjeki, S., & Mutiara, S. (2019). Penerapan Metode Permainan Ular Tangga dalam Peningkatan Pengetahuan HIV / AIDS dan Narkoba pada Remaja di Rusun Tanah Tinggi , Jakarta Application of Snakes and Ladders Game for Improving Knowledge HIV / AIDS and Drugs among Adolescents in Tanah Tinggi R. Jurnal Panrita Abdi, 3(2), 144–151.
Martina, S. evi. (2019). Efektifitas Promosi Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Hiv Pada Remaja Di Smak Rantepao, Sulawesi. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 3(2), 5–10. https://doi.org/10.37294/jrkn.v3i2.169
Muliana, M. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja SMA X dalam Upaya Pencegahan HIV/AIDS di Kabupaten Karanganyar. Skripsi, 11150331000034, 1–147. http://eprints.ums.ac.id/32159/21/NASKAH PUBLIKASI.pdf
Nurfasya, F. R., & Rachmawati, I. (2019). Efektivitas Pesan dalam Kegiatan Kampanye Edutainment Effectiveness of the Messages in Edutainment Campaign Activities (Vol. 5, Issue 1).
Panjaitan, A. A., Widagdo, L., & Prabamurti, P. N. (2018). Intervensi Ceramah Video dan Ceramah Diskusi terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja dalam Kesehatan Reproduksi. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 14(1), 40. https://doi.org/10.14710/jpki.14.1.40-52
Purwanti, Y. (2017). Pengaruh Peer Education terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang HIV/AIDS. Semanticscholar, 52, 161–166.
Rahmawati, I., Kurniawati, D., & Murtaqib, M. (2020). Pengetahuan Hiv/Aids Pada Remaja Melalui Metode Bibliotherapi Ditinjau Dari Jenis Kelamin Di Puskesmas Puger Jember. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 11(1), 37–44. https://doi.org/10.22435/kespro.v11i1.2977
Rohmah, N. (2015). Pengaruh Metode Biblioterapi Terhadap Kemampuan Mencuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas 2 di SDN Banjarsengon 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. 27. http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/65672/Ainul Latifah-101810401034.pdf?sequence=1
Safitri. (2021). Peer Education sebagai Upaya Pencegahan HIV/AIDS. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 3(1), 87. https://doi.org/10.36565/jak.v3i1.161
Sari, D. R. (2015). Perbandingan Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Cara Menyikat Gigi Antara Metode Simulasi Dan Metode Menonton Video Terhadap Keterampilan Menyikat Gigi Pada Murid TK B IT As-Salam Kecamatan Palaran, Kota Samarinda. In Proceedings of the National Academy of Sciences (Vol. 3, Issue 1). http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10
Solehati, T., Rahmat, A., & Kosasih, C. E. (2019). Relation of Media on Adolescents’ Reproductive Health Attitude and Behaviour. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 23(1). https://doi.org/10.33299/jpkop.23.1.1768
Sufrianto, Ellyani, A., & Demmawela, J. Q. (2020). Penyuluhan Metode Ceramah dapat Meningkatkan Pengetahuan Tentang HIV-AIDS di Desa Kondowa Kabupaten Buton. Jurnal Kesehatan Masyarakat Celebes, 01(04), 18–22.
United Nations Programme on HIV/aids. UNAIDS. (2021). UNAIDS data 2021.
WHO. (2020). HIV/AIDS. WHO.Int. https://www.who.int/health-topics/hiv-aids#tab=tab_1
Published
2022-06-30
How to Cite
Zahroh, D., Yusrani, K., Julis, P., Audina, P., Mumtaz, F., & Hewbawani, C. (2022). Metode Pendidikan Kesehatan Reproduksi Pada Usia Produktif dalam Mencegah HIV/AIDS. Jurnal Medika Cendikia, 9(1), 44-59. https://doi.org/10.33482/medika.v9i1.180