Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Dasar
Abstract
Aturan dan ketentuan protokol kesehatan, terkait persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, sekolah wajib memenuhi daftar periksa dan warga sekolah menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah, agar pelaksanaan pembelajaran berjalan aman dan selamat selama pandemi COVID-19. Berdasarkan tinjauan tersebut maka perlu dilakukan analisa mengenai penerapan protokol kesehatan sekolah dalam menghadapi pembelajaran tatap muka di sekolah dasar di masa pandemi COVID-19. Desain penelitian menggunakan survey deskriptif. Sampel penelitian yaitu 3 kepala sekolah, 9 guru, 3 tenaga kependidikan, 120 siswa dan 122 orang tua/wali. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui link google form. Analisis data univariat untuk menggambarkan kegiatan responden dalam penerapan protokol kesehatan. Data dianalisis dengan pedoman skoring kategorisasi menggunakan distribusi frekuensi dan persentase. Hasil penelitian, seluruh sekolah memiliki ketersediaan dan pengaturan sarana dan prasarana sekolah, ketersediaan data warga sekolah, data tugas satuan tugas COVID-19 sekolah berada dalam kategori sangat baik. Kategori penerapan protokol kesehatan warga sekolah, 100% kepala sekolah sangat baik, 100% guru sangat baik, 66,67% tenaga kependidikan sangat baik, 97,5% siswa sangat baik dan 97,5% orang tua/wali siswa sangat baik. Diperlukan upaya pemberian vaksinasi COVID-19 dalam upaya peningkatan penerapan protokol sekolah kepada warga sekolah, agar pembelajaran berjalan dengan aman dan selamat.
References
______. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Dan Tahun Akademik Baru Di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Direktorat Mendikbud, 2020.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Buku Pengawasan dan Pembinaan Penerapan Protokol Kesehatan di Satuan Pendidikan Panduan Bagi Puskesmas, Direktorat Kesehatan Keluarga Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, 2020.
Buku Saku Panduan Penyesuaian Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta: Direktorat Mendikbud, Agustus 2020.
Buku Saku Pedoman Edukasi Perubahan Perilaku. Jakarta: Direktorat Mendikbud, September 2020.
Dahlan, S. (2011). Statistik untuk kedokteran dan kesehatan. Jakarta : Salemba Medika
Dharma, K.K. (2011). Metodologi penelitian keperawatan. Jakarta : Trans Info Media
Kemendikbud, S. N. (2020). Pembelajaran di Masa Pandemi-Tantangan & Tantangan . Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2019). Pendidikan Tangguh Bencana-Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana di Indonesia. Jakarta: SEKNAS SPAB Kemendikbud
Kemendikbud. (2019). Pendidikan Tangguh Bencana-Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana di Indonesia. Jakarta: SEKNAS SPAB Kemendikbud.
Kemendikbud. (2020). SKB 4 Menteri Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Jakarta: Kemendikbud.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, 2020.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Surat Edaran Nomor HK.02.01/Menkes/199/2020 tentang Komunikasi Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta: Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, 2020.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pedoman Pembelajaran Tatap Mula Terbatas Sekolah Dasar. Jakarta : Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Direktorat Sekolah Dasar, 2021
Makarim, N. (2020). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Jakarta: Kemendikbud.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Corona virus Disease (Covid-19) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Direktorat Mendikbud, Maret 2020.
Muhammad, H. (2020). Menyiapkan Pembelajaran di Masa Pandemi. Jakarta: Kemendikbud.
Notoatmodjo, Soekidjo (2012). Ilmu Perilaku Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, Soekidjo (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan Jakarta: Rineka Cipta.
Permendikbud No. 33 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Satuan Pendidikan Aman Bencana.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D Cetakan ke 6. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2022 Susi Susanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Taxable Income An article Published in the journal, the author(s) Is:
given to the journal licensed under a Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with the consent of the work's authorship.
Allowed online
continues to be the copyright owner and allows the journal to publish the article under a CC BY-NC-ND license
Receive a DOI (Digital Object Identifier) of the work.